Pada tahun
1970, Lorena Transport didirikan oleh Bpk. G.T. Soerbakti dan mulai menjalankan
bisnis jasa transportasi jarak pendek dengan mengandalkan 2 unit bus Mercedes
Benz yang melayani rute antar kota, yaitu Bogor – Jakarta PP. Kemudian pada
tahun 1984, trayek jarak jauh mulai dibuka yaitu Jakarta – Surabaya PP,
dilanjutkan dengan kota-kota lain di Pulau Jawa, Madura, Bali dan Sumatera.
Saat ini LORENA-KARINA telah memiliki lebih dari 500 unit bus yang
keseluruhannya menggunakan produk Mercedes Benz guna melayani lebih dari 60
Kota di Indonesia.
Lorena Group
pada tahun 1989 mengembangkan usahanya dengan mendirikan PT. Ryanta Mitra
Karina yang biasa disebut “KARINA” yang juga bergerak di bidang jasa angkutan
umum bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) yang melayani trayek Jakarta,
Surabaya, Malang, Madura dan Denpasar.
LORENA-KARINA
mempunyai komitmen untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan umum bus
Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) serta dengan sungguh-sungguh memberikan
pelayanan prima dan motto usaha yang mengutamakan kepuasan pelanggan yaitu : SABAR, SOPAN dan SENYUM.
Hasil upaya
PT. Eka Sari Lorena Transport dalam menumbuh-kembangkan usaha telah
menghasilkan penghargaan dari konsumen dan sertifikat pengakuan dari berbagai
lembaga pemerintah maupun internasional, diantaranya :
1. Penghargaan
Managemen Transportasi Darat & Depo Terbaik di DKI dari Departemen
Perhubungan R.I
2. “Golden
Asia Award” For Service Excellence, Hongkong
3. “New
Millennium Award” International Transportation Award, Brussels – Belgium.
4. “Lifetime
Achievement Award” dari Ernst & Young Entrepeneur Of The Year 2003
Indonesia kepada Bp. Gusti Terkelin Soerbakti, President LORENA Group
5. Penghargaan
Pemilihan Kinerja Perusahaan Otobis terbaik Tingkat Nasional dari Departemen
Perhubungan R.I.
6. Penerima
penghargaan Pengemudi Bus AKAP Terbaik di DKI dan Indonesia dari Departemen
Perhubungan R.I.
Pada Tahun
2003 PT. Eka Sari Lorena Transport berhasil mendapatkan sertifikasi ISO
9001:2000, dimana LORENA Transport merupakan perusahaan transportasi darat
pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000. Hal ini
menunjukkan komitmen LORENA untuk memberikan kualitas jasa terbaik dan sesuai
standar mutu yang dipersyaratkan. Penerapan sistem yang berbasis ISO 9001:2000
adalah upaya untuk menstandarkan seluruh proses kerja dan secara langsung akan
terkait dengan standarisasi mutu jasa yang dihasilkan sehingga memunculkan
Budaya Mutu dalam Perusahaan.
Keunggulan
dan nilai tambah dari LORENA-KARINA terletak pada kreatifitas dan inovasi dalam
mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi terhadap keinginan maupun
kebutuhan pelanggan. Untuk mendukung kegiatan pengoperasian bus dan penerapan
konsep depo terpadu yang dapat melayani semua kebutuhan pelanggan dalam satu
lokasi, telah dibangun depo bus LORENA-KARINA di Jl. Raya Tajur No. 106 Bogor,
dan di Jl. RA. Kartini No. 16 Cilandak, Jakarta. Dimana seluruh bus
LORENA-KARINA berangkat dan tiba serta juga sebagai tempat transit bagi
penumpang dalam perjalanan jarak jauh dari Wilayah Sumatera, Jawa, Madura dan
Bali ataupun sebaliknya.
Di depo
LORENA-KARINA tersedia fasilitas untuk para penumpang berupa counter penjualan
dan pemesanan tiket, ruang tunggu penumpang, ruang istirahat, Mushola, kamar
mandi, Rumah Makan, jasa pengiriman barang ( ESL EXPRESS ) dan SPBU.
Pada Bulan
November 2007, Lorena Transport memenangkan tender Busway yang diadakan oleh
Pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk koridor V dan VII dengan mengalahkan
lebih dari 30 pesaing. Untuk koridor V, Lorena Transport menggunakan 13 unit
bus articulated (gandeng) bermerek Komodo. Sedangkan untuk koridor VII, Lorena
Transport akan mengunakan 34 unit single bus bermerek Hino. Lorena Transport
akan menunjukkan kepada masyarakat kualitas Mass Rapid Transportation yang berskala Internasional namun
tetap mengedepankan efisiensi keuangan negara.
Pada tanggal
1 Juni 2008, Lorena Group telah meluncurkan Program Baru yaitu Program frequent traveler GREEN CARD
LORENA-KARINA. Green Card ini merupakan progam unggulan terbaru yang memberikan
kemudahan kepada anggota Green Card saat melakukan perjalanan dengan
menggunakan jasa LORENA-KARINA. Sebagai pemegang Green Card, banyak keuntungan
yang diperoleh sehingga membuat perjalanan memiliki nilai tambah.
Kemudahan
dan keuntungan dari LORENA-KARINA GREEN CARD antara lain : Poin Reward yang
dapat ditukarkan dengan hadiah menarik, kemudahan untuk pemesanan tiket
LORENA-KARINA pada musim ramai yang telah ditentukan oleh perusahaan, potongan
harga untuk pemakaian jasa Lorena Group lainnya (Sari Lorena Charter &
Rental dan ESL Express Courier & Cargo), serta potongan harga untuk
pembelian Souvenir Lorena Group.
Visi
“ Menjadi Perusahaan Transportasi Darat terbaik di Indonesia dengan sistem yang terintegrasi dan layanan PRIMA “
“ Menjadi Perusahaan Transportasi Darat terbaik di Indonesia dengan sistem yang terintegrasi dan layanan PRIMA “
Misi
“ Memberikan
jasa transportasi darat dengan kualitas terbaik“
“ Membangun layanan transportasi darat yang Aman, Nyaman, Tepat waktu dan memuaskan pelanggan “
“ Membangun layanan transportasi darat yang Aman, Nyaman, Tepat waktu dan memuaskan pelanggan “
Moto
“ Sabar, Sopan, Senyum “
“ Sabar, Sopan, Senyum “
Tidak ada komentar:
Posting Komentar